Translate / Terjemahkan artikel ke

Kamis, 04 April 2013

TIM BELA NEGARA PERBATASAN ( WANRA PALOH )

KOMANDAN RAMIL 05 / PALOH BESERTA ANGGOTA WANRA PERBATASAN 

  WANRA atau Perlawanan Rakyat  yang ada di Paloh adalah individu-individu yang dibina TNI dengan tujuan membantu dan menanamkan  patriotisme yang tinggi pada Negara NKRI  khususnya di perbatasan.
Hampir susah untuk dibedakan antara TNI -AD dengan WANRA , kalau dilihat dari pakaian yang dikenakannya, betapa tidak setiap anggota Wanra dilengkapi dengan  pakaian gaya TNI, segak nye urang Malaysia.

"Dengan adanya Wanra di setiap Desa di Kecamatan Paloh sangat membantu sekali dihadapkan dengan tugas dan Tanggungjawab   Komandan Koramil 05/Paloh yang mempunyai wilayah yang sangat luas serta berbatasan langsung dengan Negara Tetangga , Malaysia.
Setiap desa para Babinsa dibantu oleh Wanra yang ada di desa binaannya, anggota Wanra yg menjadi binaan Koramil 05 Paloh rata rata warga yang mengabdikan dirinya kepada Negara sejak terjadinya pemberontakan PGRS/PARAKU tahun 1965 s.d 1975, yang sampai sekarang mereka dibekali dan dibina layaknya  seorang Militer, dari baris berbaris, pengamanan, sampai ke latihan menembak, cuma yang membedakannya para wanra ini tidak memiliki atau memegang senjata seperti TNI .

"Mereka bergabung dengan TNI dalam menumpas pemberontak PGRS/PARAKU di Desa Temajuk Kecamatan Paloh Sambas sampai sekarang, mereka mengabdikan dirinya tanpa adanya gaji setiap bulan  seperti PNS , cuma  perlengkapan seperti  pakaian, sepatu PDL, Draghrim, Kopel dan lain-lain nya kami dukung walaupun tidak semuanya baru, walau usia mereka rata-rata  30 - 45 tahun tetapi mereka mempunyai semangat yang tinggi dalam mengabdikan diri di wilayah perbatasan.

baca juga artikel paloh lain    klik di sitok yoo
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

share artikel ini jika anda rasa bermanfaat