Translate / Terjemahkan artikel ke

Kamis, 14 Februari 2013

GATTAH/ KARET DI PALOH

  
oleh : Ning Affonk

Gattah / Karet (Havea brasiliensis) merupakan salah satu komoditas perkebunan. Susunan taksonomi sebegai berikut;
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi        : Dicotyledonae
Kelas : Euphorbiales
Suku : Euphorbiaceae
Marga : Havea
Jenis                : Havea brailiensis
Tanaman gattah / karet berasal dari Brasil. Tanaman ini merupakan sumber utama bahan karet alam dunia. Sebagai penghasil lateks, tanaman karet merupakan satu-satunya yang dikebunkan secara besar-besaran. Devisa negara yang dihasilkan dari komditas karet ini cukup besar.
Gattah / karet  ini sangat banyak manfaatnya , disamping digunakan untuk keperluan  manusia , mesin, eloktronik, sampai ke pesawat canggih juga  menggunakan bahan yang terbuat dari karet/ getah,  banyaknya   manfaat tanaman karet
ini merupakan  kabar baik untuk petani karet di Paloh, karena permintaan dunia akan karet jelas akan semakin meningkat , sehingga harga  karet akan tetap baik dan stabil yang nantinya akan meningkatkan pendapatan masyarakat Paloh.
 kalau dahulu karet hanya ditanam di daerah kecamatan Teluk Keramat, Galing dan Sajingan ,namun sekarang masyarakat Paloh mulai membudidayakan tanaman tersebut, malah sudah banyak yang berhasil seperti di desa Tanah Hitam, Mentibar , Malek, Nibung dan Sebubus. yang dulunya hanya bertani dan berkebun kelapa.





 
 Sekarang Gattah / karet sudah banyak dibudidayakan hampir di seluruh Kecamatan Paloh dari Desa Tanah Hitam sampai ke daerah perbatasan Temajuk dan Sei. Tengah.
ini adalah salah satu gambar kebun karet yang baru berumur 5 tahun tetapi sudah dapat menikmati hasilnya.





 
Dengan perawatan yang baik dan benar juga cara pengambilan lateksnya yang tepat, maka diharapkan gattah / karet dapat menjamin masa depan yang baik untuk masyarakat Paloh.

bila ingin banyak tau tentang banyak hal  baca juga di artikel ini, klik saja.
  





 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

share artikel ini jika anda rasa bermanfaat